Coventry City, Luton Town Bertarung Untuk Tempat Final Premier League

English Championship Playoff

Itu telah dijuluki “pertandingan terkaya dalam sepak bola.”

Untuk pemenang datang promosi ke Liga Premier Inggris dan semua hiasan kelas atas, terutama peningkatan substansial dalam biaya hak siar televisi yang dapat memberikan lebih dari $200 juta kepada klub selama tiga musim berikutnya bermain di dunia yang paling banyak ditonton domestik liga sepak bola. Angka dolar itu meningkat sekitar 50% selama lima musim jika klub menghindari degradasi di musim pertamanya di papan atas.

Itu juga membawa perjalanan ke lapangan bertingkat Inggris, termasuk Old Trafford, Anfield, Stamford Bridge, dan St James ‘Park.

Coventry City dan Luton Town mendapatkan sorotan sepak bola Inggris pada hari Sabtu di Stadion Wembley di London untuk tempat promosi terakhir Championship ke Liga Premier. Pertandingan ini biasanya menghasilkan ketegangan yang menyiksa selama 90 menit atau lebih bagi para pendukung klub, selain tekanan yang sangat besar pada mereka yang benar-benar bermain. Sifat unik dari kontes ini juga berarti peluang taruhan olahraga yang luas tersedia di sebagian besar buku olahraga seluler di AS

Bagaimana kita sampai di sini

Ini adalah pintu masuk ke tanah Kenilworth Road di Luton Town. Masuk melalui deretan rumah. Jika mereka memenangkan promosi, mereka mungkin harus mengeluarkan uang sebanyak $12,5 Juta untuk mendapatkannya sesuai dengan standar Liga Premier.🚪😲pic.twitter.com/yIZTswvI1z

– Men in Blazers (@MenInBlazers) 16 Mei 2023

Luton Town finis ketiga di Kejuaraan, 21 poin di belakang juara Burnley, sementara Coventry City terpaut 10 poin di urutan kelima. Burnley dan runner-up Sheffield United menerima promosi otomatis ke Liga Premier, meninggalkan tim yang berada di urutan ketiga hingga keenam untuk bersaing memperebutkan tempat promosi terakhir dalam playoff dua kaki untuk mencapai Wembley.

Luton Town membalikkan defisit 2-1 dalam pertandingan leg kedua melawan Sunderland, menang 2-0 di kandang untuk melaju dengan agregat 3-2. Coventry City menahan Middlesbrough di kedua leg pertandingan semifinal mereka, dengan gol Gustavo Hamer di menit ke-57 leg kedua di jalan di Riverside memberikan skor agregat 1-0.

Kedua tim bermain imbang di kedua pertandingan musim ini, 2-2 di Luton Town pada bulan September dan 1-1 di Coventry City pada bulan Februari. Luton Town memiliki tiga kemenangan dan tiga kali imbang melawan Coventry City sejak Sky Blues dipromosikan ke Championship pada tahun 2020, tetapi Coventry City terbukti tangguh di kedua pertandingan musim ini, menghapus defisit satu gol pada tiga kesempatan untuk membantu menyelamatkan satu poin. Coventry City juga memiliki 41 kemenangan berbanding 29 Luton Town dalam 88 pertemuan sepanjang masa dalam rangkaian yang dimulai pada tahun 1908.

The Hatters belum pernah bermain di Premier League dan terdegradasi dari Divisi Pertama pada tahun 1992, musim sebelum Premier League dimulai. Mereka telah berada di belantara sepakbola Inggris abad ini, terdegradasi tiga musim berturut-turut dan mendarat di Conference Premier pada 2009, bermain satu level di bawah Football League untuk pertama kalinya sejak 1920.

Luton Town memenangkan promosi ke Liga Dua dengan memenangkan Conference Premier pada 2014 dan dipromosikan pada musim berturut-turut pada 2018 dan 2019 untuk kembali ke Championship. The Hatters sedang dalam performa yang kuat, dengan kekalahan leg pertama mereka di Sunderland satu-satunya kekalahan mereka dalam 16 pertandingan (9-6-1) yang mencakup semua kompetisi.

Coventry City telah merasakan kehidupan Liga Premier sebelumnya, tetapi tidak sejak terdegradasi pada akhir musim 2000-01. The Sky Blues juga mengalami masa-masa sulit, turun ke Liga Dua baru-baru ini pada 2017 sebelum bangkit kembali dengan dua promosi dalam tiga musim berikutnya. Coventry City memasuki pertandingan ini dengan hanya satu kekalahan dalam 19 pertandingan terakhirnya (9-9-1), sebuah pertandingan yang dimulai dengan hasil imbang 1-1 di kandang melawan Luton.

Oddsmaker mengharapkan perselingkuhan dengan skor rendah

Coventry City berjarak satu pertandingan lagi dari Liga Premier.

Ini merupakan jalan yang sangat bergelombang, termasuk datang dari Liga Dua, administrasi dan harus memainkan pertandingan kandang di berbagai tempat di luar kota.

Inilah kisah bagaimana mereka sampai di sini…

(THREAD🧶) pic.twitter.com/H4GuNPzBPz

— Tingkat Kedua (@secondtierpod) 23 Mei 2023

Oddsmaker menjadikan Luton Town sebagai favorit untuk menang dan mengamankan promosi ke Liga Premier. Harga Hatters untuk mencapai prestasi tersebut berada di kisaran yang relatif sempit, dengan +150 WynnBET penawaran terbaik, diikuti oleh +145 di FanDuel, DraftKings, BetMGM, dan Betway. DraftKings dan Betway memiliki penawaran terbaik bagi Coventry City untuk menang dalam regulasi di +225, diikuti oleh Betfred dan WynnBET di +220.

Bagi mereka yang mengira pertandingan akan berlanjut ke perpanjangan waktu, Luton Town adalah favorit terkenal untuk permainan “angkat trofi”, mulai dari -135 di Hard Rock hingga -160 di DraftKings. Hard Rock juga merupakan permainan terbaik untuk Coventry City pada sudut ini di +110, diikuti oleh DraftKings dan Caesars Sportsbook di +105.

Pertandingan juga dianggap sebagai pertandingan yang cerdik, dengan siapa pun yang mencetak skor pertama kemungkinan akan melakukan bunker ke dalam cangkang pertahanan untuk melindungi keunggulan itu. Pembuat peluang mengharapkan pertandingan berakhir di bawah 2,5 gol, dengan FanDuel -170 permainan terbaik di bawah. Hanya dua dari 10 final playoff Kejuaraan sebelumnya yang memiliki lebih dari dua gol, dan salah satu dari kesempatan itu memiliki gol ketiga setelah perpanjangan waktu. Tetapi mereka yang berpikir tiga gol atau lebih akan segera terjadi harus menuju ke Hard Rock dan Betway, di mana over terdaftar di +150.

Pola pikir defensif yang diharapkan itu telah menciptakan harapan di antara para pembuat peluang bahwa setidaknya satu tim akan pergi tanpa gol, dan ada rekam jejak yang serupa di bawah untuk hal ini terjadi. Delapan dari 10 final terakhir menyaksikan satu tim tersingkir, dengan hanya skor 2-1 pada 2019 dan 2020 yang melawan tren itu.

FanDuel memiliki penawaran terbaik untuk opsi “tidak” di -122, diikuti oleh -125 di DraftKings, Betfred, dan Betway. Mereka yang berpikir Luton Town dan Coventry City dapat saling mencetak gol untuk ketiga kalinya dalam banyak pertandingan musim ini paling baik dilayani di Caesars, WynnBET, Hard Rock, dan Betway, karena semuanya mendaftar +105 untuk skor kedua tim.

Untuk pencetak gol individu, Carlton Morris dari Luton Town adalah opsi teratas konsensus, tersedia di +200 di FanDuel, BetRivers, dan Betfred. Morris mencetak kedua gol dalam hasil imbang 2-2 antara kedua tim pada bulan September dan mengalahkan Hatters dengan 20 gol di semua kompetisi. Elijah Adebayo adalah pilihan kedua yang jelas di antara pemain Luton, tersedia di +265 di BetRivers dan +250 di BetMGM.

Ancaman pencetak gol terbanyak Coventry City adalah Viktor Gyokeres, yang memiliki 21 gol di semua kompetisi. BetMGM memiliki permainan terbaik untuknya di +230, tepat di atas penawaran paling umum +220 di beberapa sportsbook. Matt Godden, yang penaltinya menjadi penyeimbang dalam undian versus Luton Town di kandang, adalah pilihan +350 di DraftKings, BetMGM, dan Betway. Hamer, yang memiliki 10 gol dan 10 assist, adalah opsi +500 untuk mencetak gol di tiga buku tersebut.

Foto: Shaun Botterill/Getty Images

Author: Justin Jones